Museum Letjen Jamin Ginting

September 23, 2017
Museum Letjen Jamin Ginting - Siapa yang tidak mengenal pahlawan nasional Letjen Jamin Ginting s? Beliau adalah salah satu pejuang di masa penjajahan Hindia-Belanda di Indonesia khususnya di tanah Sumatra Utara. Letjen Jamin Ginting s Lahir di Desa Suka, Kec.Tiga Panah, Kab. Tanah Karo, Sumatra Utara. Beliau lahir pada tanggal 12 Januari 1921, dan wafat di Ottawa, Kanada pada tanggal 23 Oktober 1974 pada usia 53 tahun. 


Museum Letjen Jamin Ginting


Setelah beberapa tahun silam wafatnya beliau, maka didirikan lah Museum Maha Putra Utama Letjen Jamin Gintimg s pada tanggal 07 September 2013 yang diresmikan oleh Mentri Pertahanan Republik Indonesia, Bapak Purnomo Yusgiantoro. Museum ini terletak di tanah kelahiran Letjen Jamin Ginting di Desa Suka, Kec. Tiga Panah, Kab. Karo, Sumatra Utara. Museum Letjen Jamin Ginting s didirikan atas inisiatif Nyi Lykas Tarigan istri dari Letjen Jamin Ginting. Ini sebagai bentuk cinta beliau terhadap suami yang dikenal sebagai sosok pejuang di tanah Sumatra Utara. Museum ini juga didirikan untuk menjaga dan melestarikan nilai-nilai sejarah dan perjuangan Letjen Jamin Ginting s sebagai pembelajaran sejarah bagi masyarakat Sumatra Utara tentang perjuangan Pahlawan Nasional tersebut. Di dalam ruangan Museum terdapat berbagai barang-barang berharga milik Letjen Jamin Ginting s seperti, seragam dan baju-baju dinas, senjata, piagam-piagam penghargan, koleksi-koleksi Photo semasa hidup beliau, dan lain sebagainya.

Museum Letjen Jamin Ginting ini mempunyai bentuk bangunan yang unik, yakni menyerupai kulit kacang. Bentuk kulit kacang tersebut mempunyai makna filosofi , bahwasanya perjuangan beliau seperti kulit kacang yang terus melindungi isinya meskipun terik matahari menyengat di siang hari, kulit kacang tidak akan pernah lepas dari dari kacang. Begitulah makna perjuangan beliau. Nah... jika anda berkunjung ke Tanah Karo, tak ada salahnya anda mengunjungi Museum Letjen Jamin Ginting. Selain menikmati sejuk dan indahnya alam Tanah Karo, anda juga dapat mengetahui sejarah perjungan Pahlawan dari Tanah Karo tersebut.



Penulis : Nur Aini

Artikel Terkait

Previous
Next Post »